Minggu, 06 Januari 2008

Bebas LADANG MINYAK tanpa Perlu memoles bedak


Memiliki kulit wajah berminyak tentu merepotkan, selain make up tidak bisa menempel sempurna, kulit wajah juga rentan dihinggapi jerawat. Dan menurut sebuah hasil studi, ternyata sekitar 57 persen remaja dan wanita muda Indonesia mengeluhkan kulit wajahnya yang berminyak.

Pada remaja, peningkatan hormon Androgen pada masa pubertas membuat kelenjar minyak (sebaceous glands) membesar dan meningkatkan produksi minyak, terutama pada wajah. Akibatnya, pori-pori akan tersumbat dan timbul jerawat.

Menurut dr. Titi Moertolo, S.p.KK dari Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, ada beberapa penyebab kulit berminyak. Antara lain faktor gaya hidup seperti stres, kurang tidur, diet tidak seimbang dan konsumsi junk food berlebih.

Selain itu menurutnya faktor iklim Indonesia ikut berpengaruh. "Lingkungan alam Indonesia yang dikelilingi laut membuat tingkat kelembaban udaranya sangat tinggi," katanya. Dengan kondisi seperti itu, menurutnya, orang yang memiliki jenis kulit berminyak tidak memerlukan pelembab wajah.

Untuk pemakaian kosmetik sehari-hari, Titi menyarankan agar memilih produk-produk yang tidak mengandung minyak (oil free base) dan menggunakan bedak tabur (loose powder) sehingga tidak menyumbat pori-pori wajah.

Sayangnya, kebanyakan produk tersebut hanya mampu menahan produksi minyak selama empat jam. Setelahnya, kita harus menghilangkan minyak di wajah yang membuat penampilan jadi kusam. Yang biasa dilakukan adalah dengan mencuci muka memakai sabun atau mengangkat minyak dengan kertas minyak.

Bagi Anda yang tingkat produksi minyaknya berlebih tetapi malas bolak-balik memulas bedak yang luntur karena minyak, kini tersedia produk yang mampu mengontrol minyak sampai delapan jam, yaitu Clean & Clear Deep Action Cleanser.

Selain mengandung formula aktif oil control, produk ini juga mengandung Triclosan yang bisa mencegah jerawat. Meski produk ini identik dengan remaja, tetapi menurut Caecilia Espelada, dari Clean & Clear, wanita dewasa juga bisa menggunakannya, bahkan untuk pria, jika kulit wajahnya memang sangat berminyak.

Menurut Titi, sabun memang cocok untuk membersihkan kulit wajah dengan tipe berminyak, tetapi masih dibutuhkan perawatan khusus lainnya. Misalnya menggunakan masker mineral atau masker tanah liat (clay mask) seminggu sekali. Selain itu jika ingin menggunakan foundation dan sunscreen, sebaiknya pilih yang oil free.

Memiliki kulit wajah berminyak memang butuh usaha lebih untuk membuat penampilan selalu segar dan kosmetik tetap menempel. Mungkin produk terbaru dari Clean & Clear yang efektif mengontrol produksi minyak ini bisa membantu Anda bebas dari "ladang minyak" tanpa perlu sering memulas bedak. (An)

Tidak ada komentar: